duit kagem jajan

duit kagem jajan
uang bukan segalanya, tapi segalanya dibeli dengan uang

Senin, 04 Juli 2011

8. Misprint dan Miscut (uang salah cetak dan uang salah potong)

Uang salah cetak dan salah potong diperkirakan telah muncul sejalan dengan munculnya uang kertas itu sendiri. Jadi uang salah cetak sama tuanya dengan uang kertas itu sendiri. Salah cetak dan salah potong ini bisa terjadi karena kegagalan manusia ataupun mesin. Hasilnya bermacam-macam, bisa tampak jelek, kasar, aneh, atau bahkan terlihat unik.

Ada beberapa tahapan dalam proses pembuatan uang yaitu : cetak offset pada sisi muka, dilanjutkan dengan cetak intaglio, kemudian pemberian nomor seri, dan terakhir pemotongan. Ada beberapa bahan yang dilibatkan dalam pembuatan uang kertas yakni kertas, pita, dan tinta. Demikian pula ada  dua tenaga yang terlibat yakni tenaga mesin dan manusia.
Dari tahapannya, bahannya, dan juga tenaga operasionalnya maka sangat mungkin akan muncul kesalahan-kesalahan dalam proses pembuatan uang. Maka munculah uang salah cetak dan uang salah potong seperti yang kita jumpai.
Uang salah cetak dan salah potong ini seharusnya tidak boleh beredar di masyarakat, namun tetap saja ada yang lolos dari pemeriksaan sehingga dapat kita jumpai sebagai uang yang beredar.

Mengapa mengoleksi uang salah cetak dan salah potong
Kesalahan pada uang kertas baik itu salah cetak maupun salah potong memberikan hiburan tersendiri yang menyenangkan dan mendidik. Menyenangkan karena itu memberikan kepuasan dan keindahan. Mendidik, setidaknya kita bisa mehahami walaupun tidak secara mendalam sisi teknis dan metode bagaimana uang kertas dibuat.


Nilai uang salah cetak dan salah potong
Ada beberapa hal yang mempengaruhi nilai uang salah cetak dan potong :
  1. Seperti juga pada uang kertas “normal”, kelangkaan menjadi factor utama yang mendukung nilai  uang salah cetak/potong. Bukankah uang salah cetak dan salah potong itu sendiri sudah langka? Maksud saya disini kesalahan yang lebih tidak umum akan memberikan nilai yang lebih tinggi. Agak susah memang, diperlukan pengamatan yang mendalam untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang langka.         
  2. Keparahan dalam kesalahan cetak dan potong mempengaruhi tinggi rendahnya nilai uang. Semakin parah dan salah akan semakin tinggi nilainya.
  3. Dan tentu saja kondisi uang, dimana setiap kolektor akan berharap dan menyukai kondisi uangnya uncirculated. Jadi semakin bagus kondisinya tentu akan semakin tinggi harganya.

 Berikut Beberapa contoh uang misprint


  Misprint, perhatikan nomor seri kanan atas, diatasnya terdapat kesalahan cetak yang tidak semestinya.


Misprint dan Miscut sekaligus?
Uang bagian bawah hanyalah sebagai pembanding, perhatikan uang bagian atas. Terdapat bayang-bayang putih zig-zag di sebelah gambar Sultan Mahmud Badaruddin (misprint). Perhatikan juga pemotongan uang yang terlalu mepet ke kiri sehingga terdapat sedikit tulisan bagian kiri yang terpotong dan berpindah ke kanan (miscut)



Misprint, tinta meluber

Magelang, 16 Mei 2012
Salam, Agung Arya

5 komentar:

  1. ediann.. ngeblog jg to mas...
    kereen ki blog e...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo mas tomy... makasih ya...baru belajar, kalah jauh sama mas tomi

      Hapus
  2. makasih mas agung, aku yang hobi akan hal2 sejarah

    BalasHapus
  3. Saya ada pak kalo minat blh hehehe miscut 083838934038

    BalasHapus
  4. Saya ada juga nih yg missprint paling atas sama persis tapi lebih nyata tulisannya yg minat 081296883545

    BalasHapus