duit kagem jajan

duit kagem jajan
uang bukan segalanya, tapi segalanya dibeli dengan uang

Jumat, 01 Juli 2011

Memulai Koleksi Uang Kuno dan Manfaatnya

APA ITU NUMISMATIK
Numismatik berasal dari bahasa Latin, numisma = uang logam. Studi tentang numismatic mempelajari antara lain sejarah mata uang, cara pembuatan, cirri-ciri, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah social politik yang menyertainya, dsb. Saat ini numismatik bisa diartikan sebagai kegiatan yang berkenaan dengan mata uang (mengoleksi uang).

Barang-barang yang dikumpulan/dikoleksi dalam  dunia numismatik terutama  uang kertas, uang koin dan uang token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Pada perkembangannya muncul pula uang peringatan / penerbitan khusus yang tidak beredar secara luas, uang uncut, dll. Bahkan ada pula beberapa kolektor yang menambahkan hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan sebagai koleksinya seperti ; cek, materai, surat-surat berharga, dll. Namun obyek utamanya tetaplah uang yang pernah beredar dalam masyarakat.



MANFAAT NUMISMATIK
Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari menggeluti dunia numismatik (koleksi uang lama). Berikut beberapa manfaat yang saya peroleh dan beberapa pengalaman yang diuangkapkan oleh beberapa teman yang mempunyai hobi numismatik :

1.    Sarana Rekreasi dan Hobi
Dihadapkan pada aktivitas pokoknya (bekerja, sekolah, kuliah, ibu rumah tangga, dll) yang bisa menguras tenaga dan pikiran,  orang kadang mengalami suatu kejenuhan. Salah satu cara untuk mengurangi rasa stress, tekanan, dan kejenuhan  yang muncul kita butuh sarana rekreasi dan hiburan. Hobi ataupun kesukaan merupakan salah satu diantaranya. Dan dunia numismatic merupakan salah satu hobi yang memberikan hiburan tersendiri bagi kita, disamping memberikan kepuasan batin bagi penikmatnya.

2.    Memanfaatkan waktu luang
Waktu luang yang kita punyai terkadang menimbulkan kebingungan tersendiri. Mau apa? Mau kemana? Kadang hal tersebut muncul dalam kehidupan kita. Berburu barang koleksi, merapikan dan menyusun barang koleksi merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang kita.

3. Memperkaya wawasan
Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari uang, meliputi informasi pengetahuan yang terkandung di dalamnya maupun kilasan peristiwa yang mengikutinya.

4. Sarana Memperluas Pergaulan
Dengan mempunyai hobi yang sama, kita bisa dan biasa menjalin komunikasi dengan orang lain (baik langsung maupun tidak langsung).

5.Memperoleh Keuntungan
Beberapa dari teman memanfaatkan hobi numismatik untuk memperoleh keuntungan secara financial. Mengacu pada pengalaman selama bertahun-tahun menggeluti dunia numismatic, maka dapat dilihat bahwa harga uang kuno tidak pernah mengalami penurunan. Mengoleksi uang kuno bisa dijadikan alternative investasi. Mengenai permintaan uang kuno sendiri selain dari para kolektor juga untuk mahar pernikahan.


TIPS MEMULAI KOLEKSI
Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar kita bisa menjadi kolektor yang baik

1.Tentukan Jenis Koleksi
Hampir semua Negara di dunia menerbitkan mata uang, sehingga banyak sekali mata uang dengan berbagai satuan yang beredar. Paling tidak ada dua jenis uang yang dicetak dan  lazim dikoleksi yaitu uang logam dan uang kertas. Pertama, tentukan mana dahulu yang akan anda koleksi ; uang dalam negeri (Indonesia) atau luar negeri. Kemudian uang kertas; ataukah uang logam, ataukah kedua-duanya terlebih dahulu?
Sebagai pemula alangkah lebih baik apabila kita mulai dari uang Indonesia dahulu, bisa uang koin dahulu atau uang kertas dahulu atau keduanya bersamaan. Tentu lebih baik apabila kita mulai dari uang Negara kita dahulu bukan?

2.Pelajari jenis dan seri uang
Agar bisa melangkah dengan baik dan benar, kita perlu mempelajari jenis dan seri uang.
Kita bisa belajar dari beberapa literature seperti :

  1. Katalog Uang Kertas Indonesia (KUKI)
  2. Katalog Uang Logam Indonesia
  3. Informasi dari internet
  4. Informasi langsung dari kolektor lain yang lebih senior

Dengan mengetahui jenis dan seri uang tentu kita akan lebih mudah di dalam berburu uang kuno.
Kita bisa tahu kapan uang tersebut dicetak, sejarahnya, nilainya, dll. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah harga uang kuno dipasaran. Untuk barang kuno ataupun barang koleksi, harga merupakan sesuatu yang tidak pasti karena hal itu berkaitan dengan selera dan kepuasan. Namun tetap saja masih bisa dibuat perkiraan harga uang kuno walaupun sifatnya relative. Seperti yang termuat dalam KUKI, harga dipasaran bisa lebih tinggi maupun lebih rendah. Yang terpenting kita bisa tahu perkiraan harga agar jangan terlalu kemahalan sehingga tidak terlalu merugikan kita sendiri dan tidak merasa mengesal kemudian.


3.Mulailah dari yang murah dan mudah
Uang kuno yang relative mudah untuk dicari adalah uang kuno yang baru saja ditarik dari peredaran. Mulailah mengoleksi dari uang sekarang yang masih beredar, kemudian ditarik kebelakang. Disamping mudah, harganya mungkin juga masih murah. Harga uang kuno sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain ;
-          Kondisi uang kuno
-          Kelangkaan
-          Sejarah atau latar belakangnya


Sumber : Wikipedia



Magelang, 18 Oktober  2011


Salam, Agung Arya

2 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin uang, terkadang tuh saya miris deh kalo ada orang yang sering banget sepelein keberadaan uang receh. Padahal kalo kita pinter memaksimalkannya, banyak loh manfaat hebat dari uang receh. Ga percaya? Cek aja di artikel yang saya temuin ini: Sederet manfaat uang receh

    BalasHapus