duit kagem jajan

duit kagem jajan
uang bukan segalanya, tapi segalanya dibeli dengan uang

Senin, 04 Juli 2011

7. Grading ; Penentuan Kualitas Pada Uang


Secara mudahnya, grading adalah proses untuk menentukan kondisi uang. Berikut tingkatan grading yang sering dipakai dalam jual-beli uang kuno :

UNC atau Uncirculated :
Yaitu  uang dalam keadaan sempurna karena belum pernah dipergunakan atau diedarkan.  Kertas bersih, keras dan kaku dengan semua sudut tajam, tidak ada cacat sedikitpun,. Sebagai gambaran adalah uang kertas yang diambil dari segepok uang yang masih tersegel.

AU atau Almost Uncirculated :
Keadaan uang yang hampir sama dengan UNC tetapi ada lipatan pada sudut, atau lipatan halus pada bagian tengah.

VF atau Very Fine :
uang kertas telah dipakai namun masih tetap kaku dan terasa tebal. Boleh ada sedikit kotor atau terdapat sedikit coretan dan beberapa lipatan vertikal dan horisontal namun tidak sobek. Sudut sudutnya bisa agak tumpul.

F atau Fine :
Uang telah sering terpakai dengan beberapa lipatan dan tidak kaku lagi. Ada kotor tetapi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu menutup gambar uang. Ada sobek sedikit namun tidak berlubang dan tidak terlalu merusak gambar uang.

G atau Good :
Uang kertas  telah dipakai dan digunakan secara lama. Ada kerusakan akibat dipakai seperti lipatan tajam,kertas kusut dan berkerut, noda/kotoran/coretan, lubang, dll. Namun tidak ada bagian yang hilang dari uang tersebut (cuil/grepes)

Fair :
Uang tampak lusuh, lemas  dan kotor. Terdapat kerusakan-kerusakan pada uang seperti kelupasan, robek, dan ada bagian uang yang hilang (cuil/grepes)

P atau Poor :
Kerusakan yang parah pada uang dimana terdapat sobekan, kelupasan, bagian yang hilang ataupun lubang yang besar. Noda yang berat seperti karat, tinta atau coretan Ketas lusuh, kumal dan berubah warna.

Grading adalah sesuatu yang subyektif, dimana setiap orang bisa memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Pengelompokan dalam grading hanya sebagai salah satu cara untuk membantu kita dalam menentukan kualitas uang. Dalam jual beli uang grading cukup membantu kita untuk mengetahui kondisi permulaan uang sebelum kita melakukan penafsiran secara langsung. 


Dari berbagai sumber
Magelang, 13 Febuari 2012
Salam, Agung Arya

3 komentar:

  1. maaf, nupang tanya mas, saya punya uang 10.000 dgn 4 nomer ijit belakang.a sama, kira-kira grading.a brpa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. grading atau penilaian hanya tentang kualitas uang meliputi keadaan kertas, keaslian (original), dan kondisi fisik lainnya. Nomor seri, yang biasanya dilihat adalah nomor candtik/tampan, huruf cantik atau tampan, tidak masuk ke penilaian fisik atau grading uang. Makasih semoga tidak bingung

      Hapus
  2. Agan agan semua, saya lagi cari buat tambahan koleksi, jika ada yang punya koin 25 Sen DIPANEGARA 1952 warna EMAS/ kuning gambar burung Cendrawasih & Keris silang ..

    Saya juga lagi mencari uang kuno Belanda 2 1/5 G WILHELMINA warna PERAK / SILVER tahun 1818 & 1919.

    Barang di beli dengan harga tergantung sesuai kondisi barangnya. Jika ada yang punya uang koin tersebut, silahkan hubungi : 085707898955

    BalasHapus