duit kagem jajan

duit kagem jajan
uang bukan segalanya, tapi segalanya dibeli dengan uang

Selasa, 05 Juli 2011

13. Rekayasa Pada Uang



Rekayasa pada uang biasanya dilakukan dengan tujuan agar uang tampak lebih bagus setelah melalui proses rekayasa. Misalnya saja pada uang koin atau kertas dilakukan pencucian untuk memperoleh hasil uang yang tampak lebih bersih sehingga lebih sedap dipandang. Tujuan selanjutnya adalah untuk mendongkrak harga uang dengan memanfaatkan ketidaktahuan kolektor pemula. Apa sajakah rekayasa pada uang tersebut dan adakah baik buruknya ? Ada beberapa macam rekayasa yang sering dilakukan oleh “oknum” yang sering kali belum diketahui oleh awam atau kolektor pemula, diantaranya :
Cleaning/ Cuci
Merekayasa uang baik kertas atau koin dengan cara dicuci dengan media tertentu, baik berupa air biasa ataupun dengan tambahan cairan pembersih dan bahan kimia lainnya. Mencuci uang bertujuan membuat uang kertas tampak menjadi lebih bersih.  Namun dengan mencuci uang ini dapat mengakibatkan kertas uang menjadi lebih tipis dan bisa jadi akan lebih rapuh dikemudian hari. Warna asli uangpun akan tampak lebih pudar atau pucat.
Uang yang dicuci biasanya akan bau kimia atau bahkan bau wangi atau bau kecut atau bau tertentu. Pendek kata bau apek atau bau khas pada kertas uang telah hilang. Kemudian warna menjadi lebih pucat terutama pada bingkai uang akan tampak putih. Bila diamati permukaan halus uang akan hilang berubah menjadi serat kertas yang telah tampak keluar.
Pressing :
Pressing adalah memberi tekanan pada uang kertas dengan tujuan agar  uang menjadi lebih lurus/rata serta  menghilangkan kerutan. Lipat atau tekuk bisa menjadi lebih tidak Nampak. Cara pressing bisa dilakukan dengan tekanan pemberat, setrika panas, dll.
Uang yang telah dicuci biasanya diikuti dengan proses pressing. Amun tidak selalu demikian. Cara mudahnya mengetahui apakah sudah melalui proses pressing adalah dengan meraba. Uang akan terasa lebih licin dan rata, berbeda dengan uang normal yang pasti akan terasa timbul di beberapa bagian bila diraba.
Trimming
Trimming atau biasa juga disebut cutting adalah memotong bagian tepi uang agar tampak rapi. Biasanya pada uang lama, pada tepi uang sering ada sobek dikit atau grepes atau lipat mati, atau sudut yang tumpul.  Inilah yang biasanya dirapikan dengan cutting.
Cutting bisa diketahui dengan mengukur uang, Standar panjang dan lebar uang bisa kita ketahui dengan melihat catalog uang. 

Repair
Repair adalah usaha memperbaiki bagian uang yang sudah rusak , bolong, ataupun grepes. Yang bolong atau hilang bagiannya bisa ditambal dengan kertas uang sejenis atau dengan kertas uang pecahan dan seri yang sama. Yang sobek bisa di satukan atau direkatkan lagi.

Tidak semua pedagang atau penjual uang kuno memberikan deskripsi yang baik mengenai barang yang dijualnya. Maka hendaknya kita berhati-hati dalam membeli uang kuno. Bagaimanapun rekayasa pada uang akan mempengaruhi harga uang kuno tersebut. Seperti yang dikemukakan di atas, selain akan mempengaruhi kualitas ketahanan pada uang kuno dalam jangka panjang rekayasa pada uang juga menjadikan uang kuno tidak asli atau orisinil. 

Magelang, September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar